SATUAN ACUAN PERKULIAHAN FILSAFAT ISLAM
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Nama Mata Kuliah
:
Filsafat Pendidikan Islam
SKS
: 2 SKS
Dosen
: Sistupani
A.H, M.Pd.I
Jurusan/Program
Studi :
Tarbiyah/ Pendidikan Agama Islam
Prasyarat
: Filsafat Umum, Ilmu Pendidikan
Waktu Perkuliahan
: Semester Gasal
DESKRIPSI MATA
KULIAH
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal yang terkait
dengan penelitian, dimulai dari; pengertian
filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan perspektif Islam, obyek kajian
filsafat pendidikan (kosmologi, ontologi, epistemologi dan aksiologi), analisis
filsafat tentang pendidikan, fungsi dan tugas filsafat pendidikan, konsep
manusia berkualitas menurut al-Qur’an dan upaya pendidikan, tinjauan filsafat
pendidikan Islam terhadap kurikulum, esensi metode dalam perspektif filsafat
pendidikan Islam, perbedaan pendidikan Islam dan pendidikan Barat
dari sudut pandang metode keilmuan, pembaharuan Pendidikan
Islam.
PENGALAMAN BELAJAR
Pengalaman
belajar yang dikembangkan dalam kegiatan perkuliahan ini meliputi kegiatan
penalaran berbagai hal tentang Filsafat Pendidikan yang dilakukan melalui
kegiatan tatap muka di kelas berupa kegiatan ceramah dan diskusi kelompok,
kegiatan terstruktur yang dilakukan melalui resitasi melalui perbaikan makalah
individu.
EVALUASI
HASIL BELAJAR
Keberhasilan dalam mengikuti mata kuliah ini didasarkan atas penilaian
terhadap hasil-hasil pekerjaan mahasiswa, yang memenuhi persyaratan kehadiran
minimal 75%, dalam meyelesaikan tugas (bobot 1), ujian tengah semester (bobot
2), dan ujian akhir semester (bobot 2). Skor akhir akan diolah dengan
menggunakan Acuan Norma dan dikonversi ke dalam nilai A, B, C, D, E.
URAIAN POKOK
BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan ke
|
Tujuan Umum Perkuliahan
|
Pokok Bahasan/ Sub Pokok
Bahasan
|
1
|
Memahami pembahasan ruang lingkup
filsafat pendidikan
|
Ruang lingkup filsafat pendidikn
islam
|
2
|
Mahasiswa memahami
Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Perspektif Islam
|
Pengertian
filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan perspektif Islam
|
3
|
Mahasiswa
memahami Obyek Kajian Filsafat Pendidikan
|
Obyek
kajian filsafat pendidikan (kosmologi, ontologi, epistemologi dan aksiologi)
|
4
|
Mahasiswa
memahami analisis filsafat filsafat pendidikan islam
|
Analisis Filsafat Tentang Pendidikan Islam, Fungsi Dan Tugas Filsafat
Pendidikan Islam,
analisa filsafat dalam masalah pendidikan.
|
5
|
Mahasiswa memahami tokoh-tokoh filsafat pendidikan
Islam
|
tokoh-tokoh
filsafat pendidikan Islam klasik dan modern dan kontribusinya terhadap
pendidikan.
|
5
|
Mahasiswa memahami konsep manusia berkualitas menurut al-Qur’an dan upaya
pendidikan
|
Konsep manusia berkualitas menurut al-Qur’an dan upaya pendidikan
a. Konsep manusia dalam
al-Qur'an
b. Fungsi manusia menurut al-Qur'an (terhadap pribadi, masyarakat, alam dan
lingkungan, Allah swt).
c. Manusia berkualitas menurut
al-Qur'an (kualitas iman, kualitas intelektual, kualitas amal saleh, kualitas
sosial)
d. Upaya
pendidikan bagi pemberdayakan manusia unggul
|
7
|
UTS
|
|
8
|
Mahasiswa memahami tinjauan filsafat pendidikan Islam terhadap kurikulum
|
Tinjauan filsafat pendidikan Islam terhadap kurikulum,
a. Pengertian kurikulum pendidikan Islam,
b. Cakupan kurikulum
c. Asas-Asas kurikulum pendidikan Islam,
d. Kriteria kurikulum pendidikan Islam
|
9
|
Mahasiswa memahami esensi metode dalam perspektif filsafat pendidikan
Islam
|
Esensi metode dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
a. Metode pendidikan dalam lingkup
makro,
b. Metode pendidikan dalam lingkup
mikro.
|
10
|
Mahasiswa memahami perbedaan pendidikan Islam dan pendidikan Barat dari sudut pandang metode
keilmuan
|
Perbedaan pendidikan
Islam dan pendidikan Barat dari sudut pandang metode keilmuan;
a. Sumber dan metode epistimologi Barat
b. Sumber dan metode epistimologi Islam
|
11
|
Mahasiswa memahami pembaharuan pendidikan Islam
|
Pembaharuan pendidikan Islam
a.
Tradisi intelektual Islam
b.
Esensi pendidikan Islam
c.
Pendidikan tinggi Islam
|
12
|
UAS
|
DAFTAR
KEPUSTAKAAN
1.Al-Rasyidin dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan
Historis, Teoretis dan Prakts, Jakarta; Ciputat Press, 2005.
2.Zuhairini, Filsafat
Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1998.
3.Arifin, M. Filsafat Pendidikan
Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
4.Harold H.Titus, Persoalan-Persoalan
Filsafat, Jakarta: Penerbit Bulan Bintang. 1984.
5.Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, Suatu Analisa Psikologi,
Filsafat dan Pendidikan, Cet, ke 2, Jakarta, al-Husna, 1988.
6.min dan Abd. Mudjib, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofik dan
Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Triguna Karya, 1993.
7.Muzayyin Arifin, Filsafat
Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, cet. Ke 4, 2009.
8.Nata, Abuddin. Filsafat
Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.
9.Nata, Abuddin. Pemikiran
Para Tokoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam.
Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.
10.Omar Mohammad al-Toumi
al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
11.Redja Mudyaharjo, Filsafat
Ilmu Pendidikan, Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
12.Thoha, Nashruddin, Tokoh-Tokoh
Pendidikan Islam di Jaman Jaya, Jakarta: Mutiara, 1979.
13.Wafi, Ali Abdul Wahid, Ibn
Khaldun Riwayat dan Karyanya, terj. Ahmadie
Thoha, Jakarta: Grafiti Press, 1985.
Comments
Post a Comment