Tugas rumah matkul Metode dan setrategi pembelajaran PGMI smt 4 STAI Diponegoro Tulungagung
Assalamualaikm wr.. wb..
Teman-teman mahasiswa yang saya
banggakan sudah lebih 3 minggu kita tidak melaksanakan perkuliahan langsung
dikampus tercinta STAI Diponegoro Tulungagung kerena adanya perintah langsung
dari bapak presiden melalui kementrian terkait dan melalui gubernur
Jawatimur untuk menjaga jarak sosial (social distancing) dalam
upaya pencegahan penularan virus covid-19 sampai batas waktu yang belum bisa
ditentukan.
Namun demikian kita tidak pertu resah dan
panik yang sagat berlebihan. Saat ini selama kita dirumah mari kita saling
mengingatkan satu sama lain untuk menjaga pola hidup sehat dan
menjaga kebersihan serta meningkatkan ibadah kepada Sang Pencipta. Semoga
musibah yang melanda dunia ini kususnya di negara kita dapat segera berakir dan
kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan untuk dapat menjalankan aktifitas
seperti biasanya sehingga kita bisa menjalani kehidupan normal bersama
masyarakat seperti sedia kala. Aamiin yaa rabbal alamin..
Teman-teman mahasiswa meskipun kita tidak
bisa melaksanakan perkulian secara langsung mari kita manfaatkan teknologi hari
ini untuk dapat melaksanakan kegiatan perkuliahan secara online.
Tugas mahasiswa PGMI semester IV (empat)
hari selasa tanggal tujuh bulan april tahun duaribu dua puluh mata kulian Metode & strategi pembelajaran sebagai berikut :
1. Melihat situasi dan kondisi negara kita hari ini sedang mengalami musibah menyebarnya wabah virus covid-19 hampir diseluruh daerah negara indonesia. Sehingga semua pihak dari mulai pemerintah sampai ke tingkat masyarakat bawah melakukan upaya-upaya pencegahan penularan virus tersebut. Sampai-sampai pemerintah mengeluarkan kebijakan diantaranya menjaga jarak sosial antara satu dengan yg lainya, melarang melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak dan lain-lain sebagainya, melebar sampai ke proses belajar mengajar secara langsung disekolah pun diganti dengan belajar dirumah masing-masing yang dipandu oleh guru dengan jarak jauh melalui alat komunikasi. Dengan adanya hal tersebut tidak jarang wali murid yang memprotes kepada guru di satuan pendidikanya masing-masing karena merasa kesulitan dengan adanya proses belajar mengajar yang seperti itu ( banyak faktor yang mempengaruhi wali murid kesulitan dalam mendampingi putra putrinya dirumah untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru jarak jauh melalui alat komunikasi diantaranya banyak wali yang tidak menguasai alat komunikasi modern seperti hp android, ada pula wali yang tidak memahami materi yang diberikan oleh guru, serta masih banyak wali murid yang tidak bisa mendampingi putra putrinya karena kesibukan pekerjaanya dan masih banyak hal-hal yang lainya sehingga wali murid merasa terbebani ) melihat kondisi yang demikian itu kalian sebagai calon pendidik sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah yang sudah menerima teori-teori metode dan setrategi pembelajaran dan materi-materi lain tentang pendidikan. Coba kalian deskripsikan bagaimana setrategi seorang pendidik dalam memberikan tugas jarak jauh kepada siswanya agar mudah difahami oleh murid dan juga wali murid tetapi tidak meninggalkan esensi dan kaidah-kaidab subtansi materi dengan tingkatan dan kelanjutan materi !
1. Melihat situasi dan kondisi negara kita hari ini sedang mengalami musibah menyebarnya wabah virus covid-19 hampir diseluruh daerah negara indonesia. Sehingga semua pihak dari mulai pemerintah sampai ke tingkat masyarakat bawah melakukan upaya-upaya pencegahan penularan virus tersebut. Sampai-sampai pemerintah mengeluarkan kebijakan diantaranya menjaga jarak sosial antara satu dengan yg lainya, melarang melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak dan lain-lain sebagainya, melebar sampai ke proses belajar mengajar secara langsung disekolah pun diganti dengan belajar dirumah masing-masing yang dipandu oleh guru dengan jarak jauh melalui alat komunikasi. Dengan adanya hal tersebut tidak jarang wali murid yang memprotes kepada guru di satuan pendidikanya masing-masing karena merasa kesulitan dengan adanya proses belajar mengajar yang seperti itu ( banyak faktor yang mempengaruhi wali murid kesulitan dalam mendampingi putra putrinya dirumah untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru jarak jauh melalui alat komunikasi diantaranya banyak wali yang tidak menguasai alat komunikasi modern seperti hp android, ada pula wali yang tidak memahami materi yang diberikan oleh guru, serta masih banyak wali murid yang tidak bisa mendampingi putra putrinya karena kesibukan pekerjaanya dan masih banyak hal-hal yang lainya sehingga wali murid merasa terbebani ) melihat kondisi yang demikian itu kalian sebagai calon pendidik sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah yang sudah menerima teori-teori metode dan setrategi pembelajaran dan materi-materi lain tentang pendidikan. Coba kalian deskripsikan bagaimana setrategi seorang pendidik dalam memberikan tugas jarak jauh kepada siswanya agar mudah difahami oleh murid dan juga wali murid tetapi tidak meninggalkan esensi dan kaidah-kaidab subtansi materi dengan tingkatan dan kelanjutan materi !
Demikian tugas yang dapat saya berikan
kepada teman-teman mahasiswa agar dapat dikerjakan dengan sungguh-sunguh
dan cermat.
Untuk cara pengumpulan tugas tersebut bisa
langsung dijawab di kolom komentar yang ada dibawah ini caranya dengan menulis
nama:........ dan langsung jawaban no 1. Jika tidak seperti itu
teman-teman mahasiswa bisa menjawab dengan cara diketik lalu dikirim ke imail
melaui alamat sistupaniwk87@gmail.com ( jawaban
minimal 4 paragrap) Adapun batas ahir pengumpulan sampai dengan tanggal 12
april 2020. Sekian terimakasih .
wallahul muwafiq ila aqwamith thariq
Wassalamualaikm wr.. wb..
Comments
Post a Comment